Info Lengkap Bukit Sekipan, Wisata Keluarga Unik di Tawangmangu, Karanganyar

Kabupaten Karanganyar memang lebih terkenal dengan wisata alam karena secara geografi Kabupaten Karanganyar terletak di kaki Gunung Lawu yang menjadikan Karanganyar memiliki banyak potensi wisata alam yang bisa dikembangkan.

bukit sekipan

Nah, berbicara mengenai wisata alam, di Karanganyar terdapat sebuah wisata alam yang sangat cepat menarik wisatawan, namanya Bukit Sekipan.

Sebenarnya kawasan Bukit Sekipan sudah ada sejak zaman Belanda, kawasan ini digunakan sebagai tempat latihan TNI, namun kini Bukit Sekipan mulai dilirik banyak wisatawan yang sedang berlibur ke Karanganyar.



Apa yang Menarik di Bukit Sekipan Karanganyar ?

Objek wisata Bukit Sekipan dikelola oleh Bapak Joko Sutrisno, tempat wisata Karanganyar satu ini diresmikan pada bulan Juli 2015, sejak saat itu Bukit Sekipan langsung memikat banyak wisatawan, terutama pengunjung yang mencari wisata keluarga seru di Karanganyar.

bukit sekipan tawangmangu
cocok buat ngadem. foto : @hanifbagasu

Bukit Sekipan Karanganyar menawarkan berbagai macam wahana seru yang bisa kita coba bersama teman ataupun keluarga. Beberapa wahana atau fasilitas unggulan di Bukit Sekipan, yaitu :

Waterboom
Walaupun termasuk waterboom mini, namun waterboom di Bukit Sekipan memiliki wahana yang cukup banyak lho, waterboom ini sangat cocok dijadikan wahana bermain bagi kalangan muda, terutama anak-anak. Ditambah dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu menjadikan air di waterboom Bukit Sekipan cukup dingin.

Taman
Di Bukit Sekipan juga terdapat sebuah taman mini dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan, taman ini sangat cocok kita gunakan sebagai tempat bersantai atau tempat nongkrong bersama teman.

Rumah Halloween
Inilah spot paling populer di Bukit Sekipan Karanganyar, Rumah Halloween atau Kampung Halloween ini bukanlah wahana rumah hantu seperti pada umumnya. Di Rumah Halloween tidak ada orang yang berpakaian seperti hantu, melainkan diganti dengan patung-patung hantu seperti kuntilanak dan teman-temannya.

Outbond
Nah, selain beberapa fasilitas diatas, di kawasan Bukit Sekipan juga terdapat area outbond yang memiliki berbagai wahana seru seperti trampoling, jembatan goyang dan tentunya tak lupa juga dengan flying fox.

Uniknya lagi, di kawasan Bukit Sekipan terdapat juga area outbond islami yang memiliki wahana seperti :

  • Joglo
  • Miniatur Ka’bah
  • Tempat untuk lempar jumrah / jamarot
  • Tempat untuk Sa’i
  • Kain Ikhrom


Dengan banyaknya fasilitas dan wahana di tempat wisata Bukit Sekipan, kini Bukit Sekipan menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit yang harus dikunjungi di Karanganyar, terutama bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata keluarga.

Baca Juga :
Hanya dengan Rp.50.000 saja kamu bisa mengunjungi wisata-wisata keren di Karanganyar ini




bukit sekipan tawangmangu
nyaman banget suasananya. foto : @arianipermana





Fasilitas :
  • Outboond
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Spot Foto 3D
  • Musholla
  • Waterboom
  • Rumah Halloween
  • Kolam Pancing
  • Penginapan
  • Hall/Taman Untuk Meeting
  • Dan masih banyak lainnya.

Jam Buka :
Senin s/d Jumat dan Minggu 08:00 - 17:30
Sabtu  08:00 - 22:00


Harga Tiket Masuk Bukit Sekipan Karanganyar :
Harga tiket masuk reguler : Rp 40.000,-
*include wahana : waterboom, bebek air, mandi bola, kampung halloween, goa hantu, kampung 3D, miniatur dunia, replika presiden RI, mini zoo, polo air, kapal titanic.

Harga tiket terusan : Rp 80.000,-
*include wahana : semua wahana tiket biasa, super rally, monorail, kora-kora, kiddy boat, carossel, kereta mini, bombom car, dan kincir-kincir.
*include waha : SEMUA WAHANA.

Harga tiket Bukit Sekipan Night (Taman Lampion) : Rp 40.000,-
*include : waterboom, bebek air, mandi bola, kampung halloween, goa hantu, kampung 3D, miniatur dunia, replika presiden RI, mini zoo, polo air, kapal titanic. Hanya BUKA SABTU saja di malam hari.


Harga Tiket di Kawasan Bumi Perkemahan Bukit Sekipan
Tiket Outbound :
Rp. 7.500/orang

Tiket Camping di Buper Bukit Sekipan :
Rp. 7.500/orang/malam

Sewa Aula :
Rp. 50.000/malam

Sewa Blok :
Rp. 150.000


Kontak :
Simpati :081329228910
Mentari : 085642203077
XL : 081915384478
surat@bukitsekipan.com

Fanpage tidak menerima reservasi villa penginapan. Penginapan hanya bisa reservasi melalui CALL CENTER : (0271) 696036

Akomodasi (Penginapan)
Wisata Bukit Sekipan sudah dilengkapi dengan Villa dan Hotel dengan fasilitas yang cukup memadai seperti adanya ruang tamu, dapur, toilet, meja makan, gazebo, taman, tv, free Wi-Fi, dan 4 kamar tidur.

Atau jika kamu ingin mencari hotel selain di Bukit Sekipan, sudah terdapat banyak sekali hotel tak jauh dari Bukit Sekipan.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
  • 44 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Lawu (1 jam 22 menit)
  • 24 Km dari pusat Kabupaten Karanganyar melalui Jl. Lawu (42 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Bukit Sekipan Tawangmangu

#Dari Arah Barat
Akses menuju Bukit Sekipan sangatlah mudah, darimanapun asalmu, seperti Semarang, Jogja ataupun Solo, pertama kamu harus menuju kearah Tawangmangu terlebih dahulu dengan melewati Solo.

Sesampainya di Pasar Tawangmangu, kamu tinggal lurus (naik) menuju arah Sarangan, sekitar 600 meter kamu akan sampai di Kantor Kelurahan Kalisoro, dari Kantor Kelurahan Kalisoro belok kanan menuju Bumi Perkemahan Sekipan, lokasi Bukit Sekipan sekitar 500 meter dari Kelurahan Kalisoro (sebelum Perkemahan Sekipan).

#Dari Arah Timur
Jika kamu dari arah timur seperti Magetan dan sekitarnya, kamu tinggal melalui jalur Cemoro Sewu-Cemoro Kandang saja atau  kamu dapat mengikuti rute dibawah ini.
Jalan Sarangan - Jalan Gonggang Karangudi - Jalan Matesih Tawangmangu - Jalan Lawu.

Sesampainya di penginapan Homestay Sahabat, tepat di depan penginapan tersebut terdapat pertigaan, silahkan belok ke kiri menuju Jalan Sekipan (lokasi Homestay Sahabat ini beberapa puluh meter setelah pertemuan antara Jalan Lawu dan Jalan Tembus Alternatif Lawu), nah ikuti saja Jalan Sekipan tersebut hingga kamu sampai di lokasi.





Tips Berlibur ke Bukit Sekipan :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Sekipan adalah di pagi hari dan di musim kemarau.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima, sebab jalur menuju lokasi cukup menanjak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Sangat cocok digunakan untuk wisata keluarga atau acara gathering.
  • Hall atau Taman yang bisa digunakan untuk kegiatan seperti arisan, meeting, pengajian dan lain-lain dapat menampung sekitar 200 orang.





Lihat peta cara menuju ke Bukit Sekipan




Wisata Terdekat dari Bukit Sekipan (- 1 Jam) :

Bumi Perkemahan Sekipan
Bumi Perkemahan Sekipan adalah sebuah tempat wisata yang berfungsi sebagai lokasi camping, jadi jika kamu mencari tempat untuk camping seru di Karanganyar, selain mendaki Gunung Lawu kamu juga bisa berkemah disini.

Grojogan Sewu (9 menit)
Grojogan Sewu merupakan air terjun paling populer di Karanganyar, air terjun ini juga menjadi ikon wisata Kabupaten Karanganyar lho, selain menawarkan wisata alam berupa air terjun, Grojogan Sewu juga memiliki berbagai macam fasilitas penunjang lainnya yang tak kalah menarik.

Taman Balekambang Tawangmangu (7 menit)
Taman Balekambang adalah sebuah wisata keluarga yang mengusung konsep 1001 Selfie karena di Taman Balekambang terdapat miniatur ikon wisata dari berbagai negara populer di dunia.


sumber foto header IG : @arsitha
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai